A.Persiapan
Sebelum kita memulai membuat game ada beberapa peralatan perang yang terlebih dahulu kita siapkan :
1. Sudah pasti anda harus sudah menginstal software game maker terlebih dahulu ( disini penulis menggunakan Game Maker Studio anda juga dapat menggunakan Game Maker 8.0 ) di sarankan agar menggunakan Game Maker full version, karna jika tidak ada beberapa fitur yang tidak aktif sehingga game mungkin tidak berjalan.
2. Siapkan tiga buah sprites :
- Sprites Player
- Sprites Musuh
- Sprites Tembok
B. Sprites
Buka game maker anda kemudian buatlah enam buah sprites dengan cara klik Resources > Create Sprite atau dengan cara klik icon berbentuk pacman berwarna merah.
1. spr_tembok
Pertama - tama buatlah telebih dahulu sebuah sprites seperti gambar di atas. Berilah nama pada sprites pertama spr_tembok kemudian klik Load Sprite, cari folder tempat anda menyimpan sprites yang anda download sebelumnya kemudian pilih wall_block.png. sprites ini yang akan kita gunakan sebagai tembok.

2. spr_musuh
Sekarang buatlah sebuah sprites baru dengan nama spr_musuh kemudian load sprites spr_musuh.gmspr. spites ini yang akan kita gunakan sebagai sprties musuh
3. player
Sekarang kita akan membuat sprites untuk player, Player mempunyai empat buah sprites yang berbeda - beda, pertama buatlah terlebih dahulu sebuah sprites dengan nama spr_atas kemudian load sprites dengan memilih tiga buah gambar karakter yang menghadap atas.

Buatlah kembali tiga buah sprites dengan nama spr_bawah, spr_kiri, dan spr_kanan kemudian lakukan hal yang sama seperti di atas pilih gambar sesuai dengan arah karakter.
C. Objek
Sekarang buatlah tiga buah objek dengan cara klik Resources > Create Object dengan property :

1. obj_tembok
Name : obj_tembok
Sprite : spr_tembok
Solid : True ( Cetang pada bagian solid )
2. obj_musuh
name : obj_musuh
Sprite : spr_musuh
3. obj_player
name : obj_player
spite : spr_bawah
D. Event
Setelah membuat objek sekarang kita akan memberikah event pada masing - masing objek :
1. Player
Klik dua kali pada obj_player atau klik kanan properties.

Sekarang agar kita akan menset sprites awal player ketika ia pertama kali di create dengan cara : Klik Add Event > Create > Pada tab sebelah kanan klik main1 > klik Change Sprite > Pilih sprite spr_bawah > Ok
Sekarang kita akan membuat player ketika membentur tembok ia tidak akan bergerak atau berhenti dengan cara tambahkan event baru lagi, Klik Add Event > Collison > obj_tembok > pada tab sebelah kanan klik move > pilih Move To Contact.
Property :
Applies To : Self ( pilih self )
direction : 0
maximum : 4
against : solid objects
Agar player dapat kita mainkan atau bergerak kita akan medefinisikan tombol arrow keyboard ketika di tekan akan membuat player bergerak sesuai arah pana keyboard, tambahkan lagi sebuah event baru, Klik Add Event > Key Press > Left > pada tab sebelah kanan pilih move > pilih Move Fixed.

Tambahkan lagi di bawah action Move Fixed pilih main 1 > pilih change sprite > pilih spr_kiri. dengan property seperti di gambar di atas.
Buatlah tiga buah event lagi yaitu Key Press Up, Right dan Down dengan cara seperti di atas dengan perbedaan arah direction pada Move Fixed dan sprite pada Chage sprite berdasarkan arah karakter akan bergerak.
2. Musuh
Sekarang kita akan memberikan event pada objek musuh dan mengatur sprites musuh ketika pertama kali dibuat, disini kita akan membuat sprites musuh menjadi random agar musuh mempunyai gambar berbeda - beda. Klik Add Event > Create > Pada tab kanan klik Controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
sprite_index=spr_musuh //set default awal
image_index=random(4) //acak sub image awal dengan kemungkinan 1:4
image_speed=0 //set kecepatan image sebesar 0
//set default move dengan kecepatan 4 dengan beberapa pilihan yaitu:
motion_set(choose(0,90,180,270),4)
//90 =atas
//0 = kanan
//270 = bawah
//180 = kiri
|
Kemudian klik tanda ceklis hijau.

Sekarang tambahkan event baru lagi, Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut :
1
2
3
4
|
if place_snapped(32,32) //jika objek musuh ada di grid 32x32
{
scr_ai_musuh() //jalankan script scr_ai_musuh
}
|
Tambahkan lagi sebuah event baru, Klik Add Event > Collison > Obj_tembok > Pada tab kanan pilih controll > Execute Code kemudian isi dengan code berikut :
1
2
3
|
hspeed=-hspeed //sama dengan reverse horizontal.
vspeed=-vspeed //sama dengan reverse vertical.
scr_ai_musuh() //jalankan script scr_ai_musuh
|
Sekarang event pada objek kita telah selesai.
E. Scripts
Sekarang agar musuh dapat bergerak secara random kita akan membuat sebuah kecerdasan buatan pada musuh dengan membuat sebuah script. Klik Resources > Create Script kemudian isi dengan code berikut :
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
if (hspeed == 0) //jika horzontal speed equivalent sama dengan 0
{ //maka
//jika nilai random kurang dari 1 dan tidak ada objek di titik koordinat x-4 dan objek musuh
if (random(3)<1 and place_free(x-4,y))
{ //maka
hspeed = -4; //set speed sebesar 4 dengan arah ke kiri
vspeed = 0; //set vspeed =0
}
if (random(3)<1 and place_free(x+4,y))
{ hspeed = 4; vspeed = 0;}
}
else
{
if (random(3)<1 and place_free(x,y-4))
{ hspeed = 0; vspeed = -4;}
if (random(3)<1 and place_free(x,y+4))
{ hspeed = 0; vspeed = 4;}
}
/*catatan:
Bila hspeed positif: arah ke kanan
Bila hspeed negatif: arah ke kiri
Bila vspeed positif: arah ke bawah
Bila vspeed negatif: arah ke bawah
*/
|
Simpan dengan nama scr_ai_musuh.
F. Room
Sekarang kita akan membuat room tempat kita bermain game kita, Klik Resources > Create Room. berinama room stage1 kemudian aturlah posisi setiap objek sesuka kalian.

Sekarang game anda sudah selesai, anda dapat menjalankannya dengan tekan F5 atau klik Run > Run Normally. ini game anda hanya akan bergerak - bergerak saja selanjutnya kita akan menambahkan objek lain.
Sekarang buatlah sebuah sprites baru dengan nama spr_point kemudian buatlah gambar sprites seperti lingkaran atau yang lain sesuka anda dengan cara klik Edit Sprite > File New.
B. Objek
Sekarang kita akan membuat dua buah objek, objek pertama untuk tampilan point dalam game yang akan di ambil dan satunya adalah score yang didapat ketika mengambil point.
1. obj_point
Buatlah sebuah objek dengan nama obj_point dengan sprite spr_point kemudian sekarang agar terjadi kejadian ketika point bertemu dengan player tambahkan event collison dengan cara, klik Add Event > Collison > obj_player.
Sekarang tambahkan beberapa action seperti gambar di atas :
- Set Score
untuk menambahkan score ketika player mengenai point. Pada tab sebelah kanan klik Score > Set Score
new score : score + 100
- Destroy Instance
agar point menghilang ketika mengenai pemain. Pada tab sebelah kanan klik main 1 > Destroy Instance
Applies To : Self
- Test Instance Count
mengecek kondisi apakah semua objek point sudah tidak ada dalam game. Pada tab sebelah kanan klik control > Test Instance Count
Object : obj_point
Number : 0
Operation : equal to
- Display Message
untuk meampikan pesan ketika apabila kondisi test instanc terpenuhi. Pada tab sebelah kanan klik main 2 > Display Message
Message : You Win!!!
- End Game
untuk keluar game ketika semua point berhasil di ambil. Pada tab sebelah kanan klik main 2 > End Game
*notes perhatikan peletakan masing - masing action letakan seperti gambar di atas
2. obj_score
Sekarang buatlah sebuah object baru dengan nama obj_score, sekarang agar score awal menjadi nol kita tambahkan event.
- klik Add Event > Create > Score > Set Score
new score : 0
Sekarang untuk memunculkan score pada room tambah event.
- klik add Event > Draw > Draw > Score > Draw Score
x : 0
y : 480
caption : Score :
3. obj_player
Sekarang buka kembali objek player anda dengan cara klik 2x, kemudan agar permainan berakhir ketika player mengenai musuh tambahkan event baru.
- klik Add Event > Collison > obj_musuh
Sekarang tambahkan beberapa action di dalam event tadi :
- Display Message
Agar muncul pesan ketika permainan berakhir, klik main 2 > Display Message
message : You Are Dead !!!
- Check Question
Untuk membarikan pertanyaan apakan ingin melanjutkan permainan, klik controll > Check Question
question : Apa Anda Ingin Main Lagi ?
- Restart Game
Agar permainan restart jika kondisi check question true, klik main 2 > Restart Game
- Else
Menjalankan kondisi jika check question bernilai false, klik controll > Else
- End Game
Agar permainan berakhir ketika check question bernilai false. klik main 2 > End Game
C. Room
Sekarang buka room anda dan ubah ukuran room anda dengan cara klik Setting.
Width : 608
Height : 512
Kemudian tatalah room anda tambahkan objek point dan sebuah objek score. sebagai contoh gambar berikut :
*notes objek berwana biru pada gambar di atas adalah objek score.
Sekarang jalankan lah game anda dengan cara tekan pada keyboard F5 atau Run > Run Normaly.
*Notes : apabila anda menemui kesulitan atau terjadi error. anda dapat mengunduh filenya di sini : DONWLOAD
*Buat sebuah project baru dengan Game Maker Studio kemudian import project (CTRL + I).
No comments:
Post a Comment